Home » Bdwwa » Olahraga Air Kayak

Olahraga Air Kayak

Olahraga Air Kayak – Kayak adalah penggunaan kayak untuk bergerak di atas air. Hal ini dibedakan dari kano oleh posisi duduk pendayung dan jumlah bilah pada dayung. Kayak adalah perahu rendah ke air, seperti kano di mana pendayung duduk menghadap ke depan, menggunakan dayung berbilah ganda di setiap sisi. Sebagian besar kayak memiliki dek tertutup, meskipun kayak duduk di atas dan kayak tiup juga semakin populer.

Olahraga Air Kayak

Sejarah Olahraga Air Kayak

Kayak diciptakan ribuan tahun yang lalu oleh Inuit, sebelumnya dikenal sebagai Eskimo, dari wilayah Arktik utara. Mereka menggunakan kayu apung dan terkadang kerangka ikan paus, untuk membuat kerangka kayak, dan kulit binatang, terutama kulit anjing laut digunakan untuk membuat tubuh. http://idnplay.sg-host.com/

Tujuan utama pembuatan kayak, yang secara harfiah berarti “perahu pemburu” adalah untuk berburu dan memancing. Kemampuan siluman kayak memungkinkan pemburu untuk menyelinap di belakang hewan di garis pantai dan berhasil menangkap mangsanya.

Pada tahun 1740-an, penjelajah Rusia yang dipimpin oleh penjelajah Denmark Vitus Bering melakukan kontak dengan orang Aleut, yang telah mengambil konsep kayak dasar dan mengembangkan beberapa desain khusus untuk berburu, transportasi, dan kondisi lingkungan.

Mereka segera menyadari bahwa orang Aleut sangat ahli dalam berburu berang-berang laut dengan kayak. Karena berang-berang adalah komoditas populer di Eropa dan Asia, mereka akan mengeksploitasi dan bahkan menculik orang Aleut dan menahan mereka di kapal untuk bekerja dan berburu.

Pada pertengahan 1800-an kayak menjadi semakin populer dan orang Eropa menjadi tertarik. Pria Jerman dan Prancis mulai bermain kayak untuk olahraga. Pada tahun 1931, Adolf Anderle adalah orang pertama yang berkayak menyusuri Ngarai Salzachöfen, yang diyakini sebagai tempat lahirnya kayak air putih modern. Balapan kayak diperkenalkan di Olimpiade Berlin pada tahun 1936.

Pada 1950-an, kayak fiberglass dikembangkan dan umum digunakan, hingga 1980-an ketika kayak plastik poliester dan polietilen diperkenalkan. Kayak berkembang sebagai olahraga pinggiran di AS hingga tahun 1970-an, ketika itu menjadi olahraga populer arus utama.

Sekarang, lebih dari 10 acara kayak air putih ditampilkan di Olimpiade. Sementara kayak merupakan olahraga air internasional utama, beberapa studi akademis (sampai saat ini) telah dilakukan tentang peran bermain kayak dalam kehidupan dan aktivitas masyarakat.

Rancangan

Kayak juga dapat diklasifikasikan berdasarkan desain dan bahan dari mana mereka dibuat. Setiap desain memiliki keunggulan khusus, termasuk performa, kemampuan manuver, stabilitas, dan gaya mengayuh. Kayak dapat dibuat dari logam, fiberglass, kayu, plastik, kain, dan kain tiup seperti PVC atau karet, dan baru-baru ini mahal tetapi serat karbon ringan.

Setiap bahan juga memiliki keunggulan khusus, termasuk kekuatan, daya tahan, portabilitas, fleksibilitas, ketahanan terhadap ultraviolet dan persyaratan penyimpanan. Misalnya, kayak kayu dapat dibuat dari kit atau dibuat dengan tangan. Jahitan dan lem, kayak kayu lapis bisa lebih ringan dari bahan lain kecuali bingkai kulit. Kayak tiup, terbuat dari kain ringan, dapat dikempiskan dan mudah diangkut dan disimpan, dan dianggap sangat tangguh dan tahan lama dibandingkan dengan beberapa perahu sisi keras.

Peralatan

Ada banyak jenis kayak yang digunakan di air datar dan kayak arung. Ukuran dan bentuknya bervariasi secara drastis tergantung pada jenis air yang akan didayung dan juga apa yang ingin dilakukan pendayung. Perangkat penting kedua untuk kayak adalah dayung off-set di mana bilah dayung dimiringkan untuk membantu mengurangi hambatan angin saat bilah lainnya digunakan di dalam air.

Ini bervariasi dalam panjang dan juga bentuk tergantung pada tujuan penggunaan, tinggi pendayung, dan preferensi pendayung. Kayak harus dilengkapi dengan satu atau lebih alat bantu apung (juga disebut flotasi) yang menciptakan ruang udara yang membantu mencegah kayak tenggelam saat diisi air.

Jaket pelampung harus dipakai setiap saat (juga disebut perangkat pelampung pribadi atau PFD), dan helm juga sering diperlukan untuk sebagian besar kayak dan wajib untuk kayak air putih. Berbagai perlengkapan keselamatan lainnya termasuk peluit untuk memberi tanda minta tolong; melempar tali untuk membantu menyelamatkan pembuat kayak lainnya; dan, pisau selam dan sepatu air yang sesuai harus digunakan tergantung pada risiko yang ditimbulkan oleh air dan medan. Pakaian yang tepat seperti setelan kering, pakaian selam, atau atasan semprot juga membantu melindungi pembuat kayak dari air dingin atau suhu udara.

Jenis kayak

Kayak “duduk di atas” menempatkan pendayung di dek terbuka yang cekung di atas permukaan air. Gaya ini biasanya digunakan untuk aktivitas air non-putih karena sebagian besar merasa lebih sulit untuk tetap berada di dalam kayak sementara juga mencegah mereka dari “berguling” yang memungkinkan pengguna untuk menegakkan diri jika mereka terbalik.

Ada beberapa manfaat untuk duduk di atas seperti kemampuan untuk “palka kering” ini adalah kompartemen, yang biasanya membentang sepanjang kayak, yang selain memberikan lebih banyak daya apung memungkinkan kayaker untuk menyimpan berbagai peralatan di dalamnya. Duduk di atas” kayak sering menggunakan “lubang tembus” yang memungkinkan air apa pun yang masuk ke perahu untuk melewati geladak dan lubang palka kering mengalir. “Gaya kokpit”atau “rok semprot” yang menciptakan segel kedap air di sekitar pinggang.

Olahraga Air Kayak

Ada berbagai macam perahu “gaya kokpit” yang biasanya memungkinkan lebih banyak kendali pengguna atas perahu karena mereka mampu mendorong dinding perahu ke ujung untuk menyelesaikan manuver. Varian umum dari kayak “gaya kokpit” adalah “perahu bermain” ini biasanya kayak yang sangat pendek di mana pengguna melakukan trik dan manuver: “Inflatables” adalah hibrida dari dua konfigurasi sebelumnya; perahu-perahu ini memiliki geladak terbuka, tetapi pendayungnya duduk di bawah geladak.

Perahu-perahu ini sering mengalami ketidakstabilan lebih karena cara perahu duduk lebih tinggi di dalam air. Mereka sering digunakan dalam pengaturan yang lebih komersial, mereka sering disebut “Bebek”. “Tandem” dikonfigurasi untuk beberapa pendayung, berbeda dengan desain satu orang yang ditampilkan oleh kebanyakan kayak. Tandem dapat digunakan oleh dua atau bahkan tiga pendayung.