Home » Bdwwa » Olahraga Air Menyelam

Olahraga Air Menyelam

Olahraga Air Menyelam – Menyelam adalah olahraga melompat atau jatuh ke air dari platform atau batu loncatan, biasanya sambil melakukan akrobat. Menyelam adalah olahraga yang diakui secara internasional yang merupakan bagian dari Olimpiade. Selain itu, penyelaman yang tidak terstruktur dan non-kompetitif adalah hiburan rekreasi.

Olahraga Air Menyelam

Pesenam memiliki banyak karakteristik yang sama seperti pesenam dan penari, termasuk kekuatan, fleksibilitas, penilaian kinestetik dan kesadaran udara. Beberapa penyelam profesional awalnya adalah pesenam atau penari karena kedua olahraga tersebut memiliki karakteristik yang mirip dengan menyelam. Dmitri Sautin memegang rekor medali menyelam Olimpiade yang paling banyak dimenangkan, dengan memenangkan total delapan medali antara tahun 1992 dan 2008. idnplay

Sejarah Olahraga Air Menyelam

Sejarah olahraga air menyelam dibagi ke dalam 3 bagian yakni:

Terjun

Meskipun menyelam telah menjadi hobi yang populer di seluruh dunia sejak zaman kuno, kompetisi menyelam modern pertama diadakan di Inggris pada tahun 1880-an. Asal usul yang tepat dari olahraga ini tidak jelas, meskipun kemungkinan berasal dari tindakan menyelam di awal lomba renang.

Buku tahun 1904 Berenang oleh Ralph Thomas mencatat laporan-laporan bahasa Inggris tentang catatan-catatan terjun yang berasal dari setidaknya tahun 1865. Edisi 1877 untuk Olahraga Pedesaan Inggris oleh John Henry Walsh membuat catatan tentang terjunnya “Mr. Young” 56 kaki (17 m) pada tahun 1870, dan juga menyatakan bahwa 25 tahun sebelumnya, seorang perenang bernama Drake dapat menempuh jarak 53 kaki (16 m).

Asosiasi Renang Amatir Inggris (pada saat itu disebut Asosiasi Renang Inggris Raya) pertama kali memulai “kejuaraan terjun” pada tahun 1883. Kejuaraan Terjun dihentikan pada tahun 1937.

Menyelam Mewah

Menyelam ke badan air juga telah menjadi metode yang digunakan oleh pesenam di Jerman dan Swedia sejak awal abad ke-19. Pendaratan lunak memungkinkan untuk prestasi senam yang lebih rumit di udara karena lompatan dapat dilakukan dari ketinggian yang lebih tinggi. Tradisi ini berkembang menjadi ‘fancy diving’, sedangkan menyelam sebagai pendahuluan untuk berenang dikenal sebagai ‘Plain diving’.

Di Inggris, praktik menyelam tinggi – menyelam dari ketinggian yang tinggi – mendapatkan popularitas; tahap menyelam pertama didirikan di Highgate Ponds pada ketinggian 15 kaki (4,6 m) pada tahun 1893 dan acara kejuaraan dunia pertama, Kompetisi Menyelam Anggun Nasional, diadakan di sana oleh Royal Life Saving Society pada tahun 1895. Acara ini terdiri dari berdiri dan berlari menyelam dari ketinggian 15 atau 30 kaki (4,6 atau 9,1 m).

Di acara inilah tradisi menyelam mewah Swedia diperkenalkan ke olahraga oleh atlet Otto Hagborg dan CF Mauritzi. Mereka mendemonstrasikan teknik akrobatik mereka dari papan loncat 10m di Highgate Pond dan mendorong pembentukan Asosiasi Menyelam Amatir pada tahun 1901, organisasi pertama yang didedikasikan untuk menyelam di dunia (kemudian digabungkan dengan Asosiasi Renang Amatir). Menyelam mewah secara resmi diperkenalkan ke kejuaraan pada tahun 1903.

Olahraga Air Menyelam

Era Olimpiade

Menyelam biasa pertama kali diperkenalkan ke Olimpiade pada acara 1904. Olimpiade di London tahun 1908 menambahkan ‘menyelam mewah’ dan memperkenalkan papan elastis daripada platform tetap. Perempuan pertama kali diizinkan untuk berpartisipasi dalam acara menyelam untuk Olimpiade 1912 di Stockholm.

Pada Olimpiade 1928, penyelaman ‘polos’ dan ‘mewah’ digabungkan menjadi satu acara – ‘Selam Papan Tinggi’. Acara menyelam pertama kali diadakan di dalam ruangan di Empire Pool untuk Pertandingan Kerajaan Inggris 1934 dan Olimpiade Musim Panas 1948 di London.